Buku-buku Tentang Manusia

Ma, buku-buku tentang manusia dijual begitu mahal.
Bagaimana saya bisa memilikinya?
Skripsi tetap mesti saya rampungkan.
Tapi saya juga ingin punya lipstik baru 
dan jalan-jalan ke tempat baru.


Ma, tulisan saya satu pun tak ada yang laku. 
Ada yang menawar tapi cuma dihargai seribu. 
Saya ingin minta uang padamu untuk beli satu buku 
yang harganya dua ratus ribu. 
Tapi malu.

Kau tahu Ma, padahal isi buku itu hanya berbicara tentang manusia 
dan kekerasan yang melekat padanya. 
Perihal itu, saya bisa menemukannya di pekarangan rumah kita. 
Tapi, dosen-dosen saya tak akan peduli, 
kata mereka; yang penting mengandung teori.


Ma, skripsi saya mesti tetap dirampungkan. 
Bagaimana saya memilikinya, Ma?

Pandeglang, Januari 2018




akhirnya, setelah sekian lama saya kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisahku Part I

Ruang Kematian yang Lain Lagi