Mamah



“Kamu itu kenapa susah banget diomonginya, kamu mau dengerin omongan siapa lagi kalo bukan omongan mamah ?” kata-kata itu terus terngiang ditelingaku, bayangan mamah yang terus berkelebat dipikiranku saling bersambut dengan teriakan-teriakan lain yang memekakan telinga “harus gimana lagi mamah ngomongin kamu ? apa harus nunggu mamah mati dulu biar kamu nyadar kalo apa yang selalu mamah omongin ke kamu bener-bener yang terbaik buat kamu ?,”
Air mata mengalir deras dipipiku membasahi bantal yang sejak tadi menyembunyikan derai tangisku, bukan kali pertama mamah memarahiku mungkin itu sudah menjadi hal yang biasa dalam keseharianku tapi untuk kali ini kalimat terakhir mamah benar-benar membuatku merinding, tak pernah terbayangkan olehku apabila hal itu terjadi .
***
“Putri ! ayo cepat bangun kamu mau solat jam berapa ?” seru mamah didepan kamar, ya ampun aku tuh masih ngantuk emang gak bisa ya lanjut tidur lagi. “Putri !” seru mamah lagi.
Aku tahu mamah tak akan berhenti memanggilku sampai aku menampakan wajahku dihadapanya. “iya mah, putri juga udah bangun,” jawabku masih tetap meringkuk didalam selimut.
“ya udah cepat turun ! ambil wudu udah itu solat!,” perintah mamah memekakan telingaku.
Ampun aku punya mamah kok cerewat banget sih gak kayak temen-temen aku kayaknya mamah mereka pada ngertiin banget apa yang mereka pengen, aku pengen punya mamah kaya temen-temen aku yang modis dan trendy.
Dengan berat hati ku langkahkan kaki ku menuju pintu kamar, membukakan pintu dan tersenyum pada mamah.
“sekarang aku udah bangun, mamah udah puas !”
“mamah belum puas sebelum kamu masuk kamar mandi ambil wudu trus solat,”
Ampun deh ini ibu-ibu cerewet banget, batinku tanpa membalas ucapan mamah ku langkahkan kakiku menuju kamar mandi dilantai bawah, hal ini sudah hampir menjadi aktivitas wajib disetiap pagi hariku.
Bukan maksudku durhaka tapi ya mau gimana lagi mamah yang cerewet itu memeng benar-benar menyebalkan ! mamah selalu bilang “mamah marah-marah kayak gini tuh karna perhatian sama kamu, semua demi kebaikan kamu” heuh iya sih perhatiaan tapi mesti pengertian juga dong, harus tau apa yang anaknya mau, ini Cuma bisa ngomelin ngomelin dan ngomelin.
“putri mamah tuh gak akan ngomelin kamu kalo kamu nurut sama mamah,” itu pasti jawaban mamah kalo aku mengeluarkan pendapatku, maka dari itu aku malas beradu argumen dengan mamah apa yang aku ucapkan pasti selalu salah dimata mamah.
***
Entah kenapa hari ini rasanya hatiku tak tenang berkali-kali ku lihat jam dipergelangan tanganku, padahal waktu masih menujukkan pukul 12 siang masih harus ku lewati satu jam pelajaran terakhir, tapi rasanya ada yang tak beres disini.
Waktu terasa begitu cepat, bel pulangpun berbunyi segera ku raih tas dihadapanku berlari keluar kelas, aku ingin cepat pulang batinku.
Aku tak mengerti apa yang terjadi kenapa didepan rumahku banyak orang-orang yang datang dan pergi dengan wajah berurai air mata? Segera ku berlari menerobos diantara orang-orang yang terus menangis.
“ada apa ini ? kenapa mamah diselimuti seperti itu? Kenapa mamah terus tertidur ?´apa yang terjadi sama mamah ?,” teriakku, ketika ku lihat mamah terbaring tenang ditengah ruang keluarga samar-samar ku dengar semua orang berteriak berusaha menenangkanku .
“mamah ... mamah harus bangun ! mamah gak boleh tinggalin putri sendirian ! maafin putri mah putri sayang sama mamah !,” segera ku lepaskan cengkraman orang-orang yang tak ku kenal, berlari ku menangis sambil memeluk mamah .
“mamah maafin putri jangan tinggalin putri ...,”
***
“put ... putri bangun ! kamu mimpi buruk nak ?,”suara mamah membangunkanku, syukurlah ternyata itu hanya mimpi burukku saja, seketika itu juga kupeluk mamah aku tak mau mimpi itu sampai menjadi kenyataan.
“mamah ... maafin putri mah, putri janji gak akan nakal lagi, putri janji bakal nurut sama mamah, maafin putri mah ...”

Selesai



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Setahun

Buku-buku Tentang Manusia

Dengarkan Aku